Belajar Untuk Berkomunikasi Produktif




Belajar untuk berkomunikasi secara produktif dengan pasangan memang sangat penting. Apalagi saat telah menjalani kehidupan berumah tangga yang mau tidak mau memaksa kita dan pasangan menjadi sebuah team yang solid. Dengan berkomunikasi secara produktif, kita dapat saling bertukar informasi dan mengenal satu sama lain dengan lebih dekat, menentukan visi misi keluarga kedepannya, dan mencari solusi untuk masalah-masalah yang hampir selalu ada dalam pernikahan. 

Dengan belajar komunikasi produktif, saya mengetahui bahwa di dalam sebuah keluarga pasti ada lebih dari satu kepala yg berarti ada lebih dari satu sudut pandang, lebih dari satu ide, lebih dari satu pendapat. Saya menyadari bahwa saya dan pasangan adalah dua individu yang berbeda dan tidak harus disamakan. Komunikasi dilakukan untuk membagikan sudut pandang atau informasi yang saya punya kepada suami atau sebaliknya agar sama-sama saling mengerti. Komunikasi produktif dilakukan agar ketika saya menyampaikan informasi, suami dapat menerima informasi tersebut seperti yang saya inginkan. Jadi sebuah informasi dapat dipahami secara sama antara suami dan istri sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

Memang awalnya tidak mudah melakukan komunikasi produktif dengan pasangan. Tetapi setelah mengetahui trik-triknya maka berkomunikasi dengan pasangan akan menjadi lebih mudah, misalnya berkomunikasi pada waktu dan suasana yang nyaman, informasi disampaikan secara jelas, menggunakan intonasi suara dan bahasa tubuh yang sesuai, menatap mata lawan bicara, dll. Selanjutnya saya dan suami hanya perlu konsisten untuk selalu berkomunikasi secara produktif.


#AliranRasa
#GameLevel1
#KuliahBunsayIIP
#KomunikasiProduktif

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh UteHil. Diberdayakan oleh Blogger.