Pertanian Indonesia


                              
               
Sektor pertanian di Indonesia merupakan sektor yang mempunyai peranan penting dan strategis  dalam struktur pembangunan perekonomian nasional. Namun sektor ini tidak mendapatkan perhatian secara serius dari pemerintah dalam hal pembangunan bangsa. Program-program pembangunan pertanian yang tidak terarah tujuannya bahkan semakin menjerumuskan sektor ini pada kehancuran. Meski demikian, sektor ini merupakan sektor yang sangat banyak menampung luapan tenaga kerja dan sebagian besar penduduk kita tergantung padanya.
Dengan melihat kondisi pertanian di Indonesia saat ini, perjalanan pembangunan pertanian Indonesia masih belum dapat menunjukkan hasil yang maksimal jika dilihat dari tingkat kesejahteraan petani. Karena kebanyakan penduduk Indonesia yang bermata pencaharian sebagai petani masih hidup di bawah garis kemiskinan. Padahal Indonesia di kenal sebagai negara agraris, seharusnya potensi pada sektor pertanian besar. Namun pada kenyataannya sampai saat ini sebagian besar dari petani kita hidupnya masih belum makmur.
Pembangunan pertanian di Indonesia dianggap penting dari keseluruhan pembangunan nasional. Ada beberapa hal yang mendasari mengapa pembangunan pertanian di Indonesia mempunyai peranan penting, antara lain: Indonesia mempunyai potensi Sumber Daya Alam yang besar dan beragam, sektor pertanian menghasilkan pendapatan nasional yang cukup besar, besarnya penduduk Indonesia yang menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian, peran sector pertanian dalam penyediaan pangan masyarakat Indonesia dan menjadi basis pertumbuhan ekonomi di pedesaan.
Akibatnya dari lemahnya kemajuan pada sector pertanian di Indonesia, sampai saat ini masih banyak usaha pertanian yang didominasi oleh beberapa masalah, antara lain : produksi dengan skala kecil, kepemilikan modal yang terbatas, penggunaan teknologi yang masih sederhana, hasil produksi yang sangat dipengaruhi oleh musim, wilayah pasarnya lokal, umumnya berusaha dengan tenaga kerja keluarga sehingga menyebabkan terjadinya pengangguran.
Oleh karena itu, pembangunan pertanian di Indonesia tidak saja dituntut untuk menghasilkan produk-produk pertanian yang berdaya saing tinggi namun juga mampu mengembangkan pertumbuhan daerah serta pemberdayaan masyarakat di Indonesia.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh UteHil. Diberdayakan oleh Blogger.