Kawasan Hutan Mangrove Bedhul



Jum’at, 25 Januari 2013


Hari ini saatnya melakukan perjalanan panjang menuju daerah konservasi hutan mangrove di daerah Pantai Bedhul yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo Kabupaten Banyuwangi. Pantai Bedhul berada di Desa Tegaldlimo, banyak penunjuk arah dipasang di pinggir jalan yang menunjukkan rute ke pantai ini.

Mengendarai motor bisa jadi pilihan untuk mencapai pantai ini, karena memang belum ada kendaraan umum. Sepanjang jalan akan disuguhi pemandangan areal persawahan yang luas dan cukup bagusSetelah melakukan perjalanan kurang lebih 1 jam, akhirnya sampailah di kawasan konservasi hutan mangrove pantai Bedhul.

Hutan mangrovenya sangat luas dan ada berbagai macam jenis tanaman yang termasuk Family RizhoporaceaeHutan bakau juga menjadi habitat kepiting capit merah, mereka membuat lubang di tanah rawa sebagai rumahnya.

Di hutan bakau juga dapat menemukan salamander, tetapi berbeda dengan salamander yang biasa hidup di kawasan Karst. Salamander yang satu ini kulitnya tidak transparan dan hidup di dalam lumpur, mirip belut yang di sawah-sawah. Di kawasan Pantai Bedhul juga ada anjungan yang pemandangannya sangat bagus. Tapi jika kita ingin melihat pantai Bedhul yang sebenarnnya, harus menyebrang menggunakan perahu wisata menuju pulau di seberang hutan mangrove.

Nah setelah melewati pulau X (lupa namanya pulau apa) kita masih harus melintasi hutan kira-kira  800 meter, setelah itu barulah kita bisa menikmati indahnya suasana pantai.


 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh UteHil. Diberdayakan oleh Blogger.